Tips Ampuh Menghilangkan Milia di Wajah

By | September 7, 2018

Punya wajah mulus merupakan idaman setiap orang terutama untuk kaum hawa pastinya sangat mengidamkan. Namun tidak semua orang diberkahi memiliki wajah yang mulus dan bersih meski sering melakukan perawatan khusus. Ada saja beberapa masalah yang timbul pada wajah, seperti jerawat, komedo, flek hitam, hingga milia.

Namun bagi sebagian orang kecuali wanita mungkin sudah tidak asing lagi dengan keluhan kulit milia ini. Karena biasanya keluhan yang biasa disebut dengan si bintik putih ini kebanyakan dialami oleh para kaum hawa, terutama para remaja yang baru puber. Namun tahukah Anda apa yang dapat menimbulkan milia dan bagaimana cara mengatasinya.??

Nah untuk itu disini saya akan memberikan tips ampuh untuk menghilangkan milia di wajah tanpa perlu mengeluarkan uang banyak. Namun sebelum memberikan tipsnya, saya akan memberikan dulu sedikit informasi mengenai keluhan milia ini.

Apa Itu Milia..???

<>Milia atau dalam bahasa medisnya disebut dengan kista milium adalah benjolan-benjolan kecil berwarna putih yang sering muncul secara bergerombol pada kulit. Biasanya milia sering muncul pada bagian bawah kelopak mata, pipi dan hidung.

Banyak faktor yang dapat menyebabkan munculnya milia, seperti efek sinar matahari, sering menggunakan krim steroid dalam jangka waktu yang lama, dll. Walaupun keluhan milia ini tidak berbahaya, namun tetap saja bagi para kaum hawa masalah kulit yang satu ini dapat mengganggu penampilan.

Milia atau kista milium ini terbagi dalam beberapa jenis, diantaranya :

  • Milia Karena Obat. Milia ini biasanya muncul karena sering memakai obat steroid.
  • Traumatic Milia. Milia ini terjadi pada kulit yang mengalami trauma seperti luka bakar atau ruam.
  • Multiple Eruptive Milia. Milia ini biasanya terjadi pada area yang gatal seperti wajah, tangan bagian atas dan batang tubuh.
  • Juvenile Milia. Biasanya terjadi karena kelainan genetik, seperti pada sindrom karsinoma sel basal nevoid, sindrom Gardner, dan sebagainya.
  • Primary Milia. Milia jenis ini biasanya terjadi karena keratin yang terjebak di bawah lapisan kulit. Milia jenis ini biasanya tumbuh pada bagian kelopak mata, dahi, dan daerah genitalia.
  • Neonatal Milia. Jenis ini biasanya terjadi pada bayi yang baru lahir dan suka sembuh dengan sendirinya dalam beberapa minggu. Milia ini biasanya tumbuh pada bagian wajah, kulit kepala dan badan bagian atas.

Pada kasus anak-anak, milia biasanya disebabkan oleh faktor kelenjar keringat yang kurang berkembang. Sementara pada orang dewasa, karena adanya sel kulit mati terperangkap di bawah kulit sehingga menimbulkan milia. Selain itu, beberapa penyebab lainnya yang dapat menimbulkan milia, seperti :

  • Luka bakar.
  • Luka lecet karena kondisi kulit.
  • Kulit melepuh misalnya karena poison ivy.
  • Penggunaan krim steroid dalam jangka panjang.
  • Kerusakan karena paparan sinar matahari dalam jangka panjang.
  • Prosedur pelapisan kulit, misalnya dermabrasi atau pelapisan dengan laser.

Lalu bagaimana solusi ampuh untuk menghilangkan milia pada wajah.?? Berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda coba untuk menghilangkan milia.

Tips Ampuh Menghilangkan Milia di Wajah

Membersihkan Wajah

Milia terjadi karena adanya tumpukan protein keratin yang terperangkap di bawah bagian kulit terluar. Untuk itu rajin-rajinlah membersihkan wajah. Jika sering menggunakan pembersih wajah, pilihlah yang cocok dengan tipe kulit Anda agar kulit bisa bersih dengan sempurna.

Eksfoliasi Wajah

Milia terjadi karena terperangkapnya protein di bawah kulit. Semakin tebal sel kulit yang menutupi protein tersebut, semakin sulit baginya untuk keluar. untuk mengatasinya lamu bisa mencampurkan madu dengan sedikit gula dan lemon. Pastikan lakukan eksfoliasi dengan lembut agar kulitmu tidak iritasi.

Menggunakan Sunsreen

Sinar matahari merupakan salah satu faktor yang dapat menimbulkan milia. Oleh karena itu, gunakan sunscreen sebelum beraktivitas. Gunakan sunscreen dengan label oil-free agar pori-pori tidak tersumbat.

Gunakan Krim Retinol Vitamin A

Untuk mengatasi milia Anda juga dapat menggunakan krim retinol yang mengandung vitamin A. Krim retinol yang mengandung vitamin A dapat berperan untuk merangsang pergantian sel kulit mati serta meningkatkan produksi kolagen.

Itulah sedikit informasi dari saya untuk mengatasi keluhan milia pada wajah. Jangan pernah mencoba menghilangkan milia dengan memencetnya atau mencoba mengeluarkannya dengan menggunakan jarum, karena hanya dapat memperparah kondisi kulit wajah. Jika ingin melenyapkannya dengan cepat, kamu bisa mengunjungi dermatologis untuk perawatan yang lebih ampuh, seperti chemical peeling atau laser. Namun tentunya Anda harus mengeluarkan uang lebih.

Posted By : nitaherbal.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.