Nita Herbal

Pantangan Makanan Setelah Operasi Usus Buntu

“Selamat datang di website kami. Berikut ini adalah sedikit informasi tentang pantangan makanan setelah operasi usus buntu. Informasi ini kami sajikan guna untuk mempermudah dan mempercepat kondisi pasca operasi usus buntu”

<>

Sedikit Penjelasan Tentang Usus Buntu

Pantangan Makanan Setelah Operasi Usus Buntu

Penyakit usus buntu adalah peradangan atau pembengkakan apendiks atau usus buntu. Sedangkan usus buntu adalah sebuah organ yang berbentuk kantong kecil dan tipis berukuran 5 hingga 10 cm yang terhubung pada usus besar.

Penyebab terjadinya peradangan pada usus buntu bisa beraneka ragam, mulai dari pola makan, kebersihan makanan, dan kebiasaan tidak mencuci tangan sebelum makan.

Pengobatan usus buntu ini sering memacu pada tindakan operasi. Sudah Anda ketahui bahwa operasi memerlukan biaya yang tidak sedikit, bahkan bisa puluhan juta rupiah. Jika sudah menjalani operasi, maka untuk tindakan dan pemulihan usus agar bisa kembali normal lagi memerlukan waktu yang cukup.

Menghindari beberapa makanan pasca menjalani operasi usus buntu sangat perlu diperhatikan. Karena jika pasien tidak memperhatikan dikhawatirkan dapat menimbulkan peradangan lainnya pada sistem pencernaan mereka atau bahkan lebih parahnya komplikasi sehingga dapat membuat kondisi pasien bertambah buruk.

Berikut Ini Beberapa Pantangan Makanan Setelah Operasi Usus Buntu

>Makanan yang Mengandung Minyak

Makanan berminyak akan membuat timbunan sisa makanan semakin banyak dan membuat perut Anda semakin bengkak. Karenanya, hindari makanan berminyak dan mengandung margarin lainnya. Jangan sekali pun makan makanan yang digoreng atau roti isi.

>Buah Nanas dan Semangka

Selama menjalani perawatan untuk radang usus buntu, sebaiknya menghindari buah nanas dan semangka. Ini karena buah-buah ini memiliki kandungan serat yang sangat tinggi sehingga mampu lebih cepat melancarakan laju sisa makanan sehingga dikhawatirkan akan mendesak usus besar yang sedang terkena radang. Buah-buah ini memang baik untuk mencegah usus buntu, tetapi tidak baik saat dalam masa proses penyembuhan.

>Makanan / Minuman Yang Terlalu Dingin

Makanan atau minuman yang dingin juga sebaiknya dihindari saat menderita usus buntu maupun setelah melakukan operasi sebab makanan ini memberikan efek yang mengagetkan pada usus. Suhu di dalam perut perlu dijaga keseimbangannya untuk menghindari komplikasi yang berbahaya.

>Minuman atau makanan beralkohol atau yang mengandung gas

Memperbanyak asupan cairan ke tubuh memang baik untuk menjaga kesehatan. Namun, jika minuman atau makanan yang dikonsumsi mengandung alkohol dikhawatirkan akan berekasi negative terhadap obat yang sedang dikonsumsi oleh si pasien. Bukan hanya untuk orang yang sedang sakit saja, alkohol juga sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi orang yang sedang sehat karena dapat menimbulkan macam – macam penyakit dalam perut.

Sedangkan untuk makanan atau minuman yang mengandung gas, sangat tidak disarankan karena kandungan gas ini akan menambah tekanan dalam perut sehingga pasien akan sering mengalami mual bahkan muntah serta dapat menyebabkan diare. Makanan yang mengandung gas misalnya adalah minuman bersoda seperti sprite, pepsi, fanta, dll. Sedangkan untuk makanan yang mengandung alkohol seperti tape atau segala minuman yang mengandung alkohol tinggi.

>Minuman Yang Mengandung Kafein

Kandungan kafein akan membuat organ dalam tubuh bekerja lebih keras. Ini juga akan membangkitkan kelenjar limfoid yang tersimpan di usus buntu. Padahal, usus buntu sedang mengalami peradangan. Karenanya, sebaiknya hindari minuman berkafein seperti kopi, permen kopi atau jenis minuman berkafein lainnya.

>Makanan Pedas

Makanan yang pedas akan menimbulkan rasa panas pada perut bagian dalam. Jika sedang terjadi peradangan pada usus buntu, ini bisa berdampak kurang baik dan justru bisa membahayakan. Makanan pedas seperti sambal, saus, gorengan pedas, cabe, atau keripik pedas sebaiknya dihindari. Jika Anda tidak ingin radang usus buntu Anda semakin parah, jangan mengonsumsi makanan pedas. Sebaiknya mengonsumsi makanan yang ringan, seperti nasi yang masih hangat, bubur, sup, atau makanan yang direbus.

>Makanan padat

Pada awal setelah menjalani operasi usus buntu, pasien akan disarankan untuk mengkonsumsi makanan lunak dan menghindari makanan padat. Hal ini bertujuan supaya system pencernaan tidak bekerja terlalu keras untuk mencerna makanan yang dikonsumsi karena keadaanya yang masih belum stabil pasca operasi usus buntu. Walaupun operasi usus buntu termasuk ke dalam operasi ringan, ada baiknya supaya anjuran dan nasihat dokter diikuti demi percepatan proses pemulihan. Dan yang terpenting supaya usus buntu tidak lagi mengalami peradangan.

>Makanan yang mengandung gula tinggi

Mengkonsumi makanan yang mengandung gula tinggi memang kurang baik bagi kesehatan karena bisa menyebabkan diabetes dikemudian hari. Mengkonsumsi makanan yang mengandung gula tinggi juga tidak dianjurkan pada pasein yang baru melakukan operasi usus buntu karena makanan yang dikonsumsi dapat menghasilkan gelembung atau gas yang dapat menyebabkan perut tidak nyaman bahkan diare. Selain itu dengan kandungan gula yang tinggi luka jahitan pada perut juga akan mengalami proses pengeringan yang lama sehingga proses penyembuhannya juga akan memakan waktu yang lama.


Sebenarnya tidak ada pantangan makanan bagi seseorang yang telah menjalani operasi usus buntu. Beberapa dokter menyarankan mengurangi atau menghindari makanan – makanan yang tersebut di atas dalam kurun waktu tertentu, tergantung dari seberapa parah usus buntu yang diderita dan seberapa berat proses operasi yang telah dijalani. Hal ini dikarenakan kondisi usus yang belum sepenuhnya bekerja dengan stabil untuk menerima asupan berbagai macam makanan dan minuman. Jika tetap dipaksakan untuk mengkonsumsi makanan yang harus dihindari, dikhawtirkan akan terjadi kompliksi terhadap system pencernaan dan luka bekas operasi. Namun, jangan khawatir karena tetap ada beberapa makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi sehingga dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka bekas operasi. Dan jangan lupa, setelah luka bekas operasi sudah sepenuhnya sembuh kalian tetap menjaga gaya hidup dan makanan yang kalian konsumsi. Dan jika sekiranya kalian merasa ada masalah lain yang terjadi terhadap pencernaan pasca menjalani operasi usus buntu, jangan segan-segan untuk segera memeriksakan diri ke dokter terkait.

Penyakit Usus Buntu Ingin Sembuh TANPA BANTUAN OPERASI (?) Yakin cara dan obat yang Anda gunakan sudah tepat (?) Jika Anda masih mencari solusi AMPUH mengobati usus buntu secara alami, kami merekomendasikan obat herbal QnC Jelly Gamat untuk atasi usus buntu. Selain untuk mengobati usus buntu, QnC Jelly Gamat bersifat multikhasiat, dan juga sangat bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan pasca operasi usus buntu.
Obat Herbal QnC Jelly Gamat, Rahasia pengobatan usus buntu TANPA OPERASI, BEBAS DARI JERATAN EFEK SAMPING dan BIAYA MAHAL

Silahkan kunjungi >> Khasiat QnC Jelly Gamat

Untuk Cara Pemesanan Silahkan kunjungi >> Cara Pemesanan QnC Jelly Gamat

Terimakasih telah berkunjung, semoga bermanfaat untuk Anda

Baca Juga :

| http://www.nitaherbal.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *