Nita Herbal

Manfaat dan Cara Mengolah Daun Andong Untuk Obat Disentri dan Wasir

Manfaat dan Cara Mengolah Daun Andong Untuk Obat Disentri dan Wasir – Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang daun andong dan cara mengolah daun andong untuk obat disentri / wasir.

<>

Daun Andong

Daun andong atau sering disebut hanjuang adalah kelompok tumbuhan monokotil yang sering ditanam oleh masyarakat sebagai salah satu tanaman hias. Daunnya yang berwarna merah atau hijau kemerahan cukup cantik untuk dijadikan tanaman hias.

Manfaat dan Cara Mengolah Daun Andong Untuk Obat Disentri dan Wasir

Selain dari pada itu ternyata tanaman ini menyimpan manfaat yang sangat banyak terutama bagi pengobatan dan kesehatan tubuh diantaranya untuk obat disentri dan wasir.

Manfaat dan Cara Mengolah Daun Andong Untuk Obat Disentri dan Wasir

Manfaat tanaman andong atau hanjuang ini terletak pada daunnya, daunnya yang lebar dan merucut tersimpan kandungan seperti zat flavonoid, tanin, saponin, zat besi, timidine, kalsium oksalat, steroida, polisakarida, dan polifenol. Selain banyak kandungan didalamnya ternyata tanaman ini mempunyai sifat sebagai antibakteri, antikoagulan dan antiproliferatif yang bisa disebut dengan anti kanker.

Dengan banyaknya zat yang terkandung didalam tanaman andong menjadikan tanaman andong sebagai salah satu tumbuhan yang bisa dijadikan bahan baku sebagai obat tradisional, manfaat andong atau hanjuang ini selain untuk mengobati Disentri dan wasir, ternyata juga dapat dijadikan obat radang gusi, memperlancar haid dan batuk berdarah.

Cara mengolah tanaman andong untuk dijadikan bahan baku obat tradisional terbilang sederhana, adapun manfaat pengobatan dan cara mengolahnya adalah sebagai berikut :

  • Cara Mengolah “Untuk Disentri”
Salah satu gejala yang ditimbulkan oleh penyakit disenrti adalah diare yang terus menerus, adapun cara pengobatan dengan daun dari tanaman andong atau hanjuang adalah sebagai berikut :
 
  1. Siapkan akar tanaman andong sebanyak 15 gram atau
  2. Petik daun tanaman andong sebanyak 90 gram
  3. Panaskan air sebanyak 750 cc atau 3 gelas air
  4. Sambil menunggu mendidih, cuci bersih bahan berupa daun atau akar andong dengan air yang mengalir
  5. Setelah mendidih, masukan bahan daun atau akar
  6. Rebus dan aduk hingga air tersisa setengahnya
  7. Dinginkan, kemudian minum 1 gelas sebanyak 3 kali sehari
  • Cara Mengolah “Untuk Wasir”

Wasir atau ambeien ini disebabkan kurangnya serat pada makanan sehingga pencernaan terganggu dan mengakibatkan sulitnya buang air besar. cara mengolah tanaman andong sebagai obat wasir sebagai berikut :

  1. Siapkan daun handeuleum sebanyak 6-8 helai dan pucuk daun andong atau hanjuang sebanyak 2-3 lembar
  2. Cuci bersih dalam air yang mengalir
  3. Didihkan air sebanyak 750 cc kemudian rebus dan aduk bahan tadi
  4. Jika air sudah terlihat setengahnya, matikan tunggu sampai dingin kemudian minum 3x sehari sebanyak 1 gelas

Demikian yang kami sampaikan tentang Manfaat dan Cara Mengolah Daun Andong Untuk Obat Disentri dan Wasir, semoga bermanfaat untuk Anda

Baca Juga :

| http://www.nitaherbal.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *