Nita Herbal

Makanan Untuk Mempercepat Penyembuhan Cacar Air

Makanan Untuk Mempercepat Penyembuhan Cacar Air – Memang tidak ada makanan ajaib yang secara langsung bisa langsung menyembuhkan / menghilangkan cacar air. Akan tetapi, apa yang kita makan sangatlah mempengaruhi tingkat kesembuhan luka tersebut. Dan berikut ini kami akan membahas beberapa makanan yang sangat bermanfaat untuk penderita cacar air.

<>

Makanan Untuk Mempercepat Penyembuhan Cacar Air

Makanan Untuk Mempercepat Penyembuhan Cacar Air

Saat Anda mengidap cacar air, tubuh sangatlah membutuhkan banyak nutrisi, hal ini berguna untuk meregenerasi sel serta mempercepat pemulihan. Bahkan banyak penelitian mengungkap, bahwasanya jika tubuh kekurangan gizi makan dapat menunda / memperlambat penyembuhan cacar air.

Butuh waktu beberapa lama untuk menghilangkan cacar air bahkan bekasnya. Lama tidaknya tersebut juga tergantung pada setiap individu, dalam kondisi normal biasanya akan sembuh dalam 1 bulan bahkan kurang.

Maka dari itu, disini kami akan membahas makanan yang sangat bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan cacar air. Simak dibawah ini….

Memilih makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh akan jauh lebih baik lagi. Ketika penderita mengalami peningkatan dalam daya tahan tubuhnya, kesembuhan pun otomatis menjadi lebih cepat. Di bawah ini merupakan sejumlah daftar makanan untuk penderita cacar air yang kiranya bisa dipertimbangkan ketika sedang menderita penyakit tersebut.

  1. Jahe. Manfaat jahe sangatlah banyak, diantaranya untuk cacar aie. Jahe bisa juga diminum alias dijadikan sebagai wedang. Tak hanya ampuh menjadi obat batuk alami dan aman, jahe pun mampu meningkatkan daya tahan tubuh penderita cacar air. Antimikroba diketahui terkandung di dalam jahe dan kandungan inilah yang begitu ampuh melawan berbagai jenis bakteri dan infeksi. Jahe juga bersifat antioksidan yang siap melawan radikal bebas dan membuat tubuh senantiasa sehat. Kandungan di dalamnya juga ada mineral yang akan memenuhi asupan yang dibutuhkan tubuh penderita. Meski terkenal baik, jangan lupa untuk mengonsumsinya secara benar supaya efek samping jahe tidak dialami oleh tubuh. Ada sejumlah efek samping yang juga patut diwaspadai.
  2. Makanan Yang Mengandung Vitamin C dan Flavonoid. Vitamin C dan Flavonoid adalah dua zat yang sangat baik untuk membantu proses penyembuhan. Hal ini karena 2 zat tersebut mengandung jaringan ikat yang mampu membantu menunjang penyembuhan cacar air. Beberapa makanan yang mengandung Vitamin C dan Flavonoid bisa Anda temukan dalam buah Blueberry, teh hijau, coklat hitam, brokoli, Paprika, kubis dan bayam.
  3. Jamur. Tanaman ini merupakan makanan aman selanjutnya yang bisa dikonsumsi oleh yang sedang menderita cacar air. Jamur tak sekadar termasuk di dalam makanan yang membakar lemak karena jamur juga adalah makanan yang memperbanyak sel darah putih. Ini artinya sel di dalam tubuh yang mampu melawan penyakit bakal diperbanyak. Sistem imun otomatis akan meningkat sehingga penyakit-penyakit lain tak mudah menyerang tubuh. Kaya akan zinc, jamur bakal memberikan segudang keuntungan kesehatan lainnya yang tak akan kita sesali. Bagi yang mengalami infeksi, mengonsumsi jamur adalah pilihan yang tepat, khususnya jamur reishi, maitake dan shiitake. Kadar ¼ ons hingga 1 ons beberapa kali sehari sangat dianjurkan.
  4. Barley dan Oat. Kandungan antioksidan yang baik untuk penderita cacar air. Barley dan oat akan membantu menambah daya tahan tubuh yang sempat turun semasa sakit cacar air. Pemulihan akan menjadi lebih cepat masanya apabila kita mengonsumsi barley dan oat setiap hari. Serat potensial pun ada di dalam gandum ini, seperti beta-glucan di mana memang efeknya sangat sempurna dalam melawan bakteri. Antimikroba ada di dalam gandum ini sehingga makanan ini sangat baik untuk menyembuhkan tubuh penderita cacar air. Satu kali dalam sehari mengonsumsi gandum lebih dianjurkan.
  5. Teh Herbal. Bila ingin cepat pulih, cobalah untuk mengonsumsi teh herbal. Penderita cacar air justru sangat disarankan untuk memilih teh herbal untuk dikonsumsi selama masa pemuluhan. Teh herbal yang terbuat dari campuran kayu manis, kemangi dan chamomile. Kebanyakan orang dengan penyakit cacar air bakal mengalami hilangnya selera makan. Demi mengatasi kehilangan selera makan tersebut, akan lebih baik kalau teh herbal turut dikonsumsi. Kehilangan nafsu makan akan memicu dehidrasi karena cairan di dalam tubuh akan cepat berkurang. Teh herbal juga akan memberikan efek tenang bagi penderita dan ini pun akan mengurangi rasa stres dan mempercepat pemulihan.

Berikut Ini Beberapa Pantangan Makanan Penderita Cacar Air :

Kita semua sudah melihat apa saja makanan untuk penderita cacar air beserta minuman yang disarankan. Kini kita pun perlu mengintip sedikit akan apa saja yang perlu dipantang untuk menyembuhkan cacar air lebih cepat. Makanan dan minuman di bawah ini berisiko memicu inflamasi sehingga perlu kita hindari:

  • Makanan dengan kandungan lemak trans dan lemak jenuh tinggi.
  • Makanan dengan kandungan arginin tinggi, seperti biji-bijian, cokelat, dan kacang tanah.
  • Makanan yang rasanya pedas.
  • Makanan yang rasanya asam.
  • Junk food.
  • Makanan dan minuman produk olahan susu.
  • Roti dan segala makanan yang proses mencernanya berat.
  • Daging
  • Makanan dengan kandungan sodium tinggi.
  • Makanan cepat saji.
  • Makanan bertekstur keras.

Terimakasih Telah Berkunjung. Selamat mencoba makanan-makanan bermanfaat yang disebutkan di atas dan semoga cepat pulih

Rekomendasi Untuk Penderita Cacar Air. Silahkan Klik >>> Obat Cacar Air di Apotik (Untuk Semua Umur)

Baca Juga :

| http://www.nitaherbal.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *