Nita Herbal

Macam Macam Kista dan Gambarnya, Serta Pengobatannya

Macam Macam Kista dan Gambarnya, Serta Pengobatannya – Selamat datang di website kami. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi tentang macam / jenis-jenis kista dan gambarnya, serta penanganan atau pengobatannya. Simak dibawah ini…

<>

Kista

Macam Macam Kista dan Gambarnya, Serta Pengobatannya

Kista adalah sebuah tumor jinak yang sering ditemui, bentuknya kistik, berisi cairan kental, dan ada pula yang berbentuk seperti anggur. Kista juga ada yang berisi udara, cairan, nanah, ataupun bahan-bahan lainnya. Penyakit kista adalah kondisi munculnya benjolan berbentuk kapsul atau kantung dan terisi dengan cairan, semisolid, atau material gas, yang dapat muncul pada jaringan tubuh mana saja.

Ukuran benjolan bervariasi, mulai dari sangat kecil (mikroskopik) hingga sangat besar. Benjolan kista yang berukuran besar bisa menghimpit organ dalam yang berada di dekatnya.

Macam Macam Kista dan Gambarnya, Serta Pengobatannya

Kista pada bagian dalam tubuh sering tidak menyebabkan gejala dan sering tidak diperhatikan. Namun kista biasanya tidak memiliki sifat seperti kanker. Berikut ini adalah beberapa jenis – jenis kista yang sangat umum.

1.Kista Epidermoid

Kista epidermoid adalah benjolan non-kanker di bawah kulit yang dapat muncul pada bagian kulit manapun. Kista ini umumnya muncul pada bagian wajah, leher, kepala, punggung, atau alat vital. Sebagian besar kista epidermoid jarang menimbulkan masalah kesehatan. Namun pada beberapa kasus, kista ini dapat mengganggu penampilan, terasa nyeri, pecah, atau bahkan menimbulkan infeksi.

Penyebab :

Awal mula terbentuknya kista ini akibat adanya penumpukan keratin yaitu sebuah jenis protein yang terbentuk secara alami dari sel-sel kulit yang terus berkembang. Ketika ada protein yang terus berada di bagian bawah kulit karena gangguan folikel maka kista akan berkembang dengan cepat. Orang yang berjerawat cenderung mengalami kista epidemoid lebih besar dibandingkan orang yang jarang berjerawat.

Pengobatan :

Kista epidermoid biasanya perlu mendapatkan penanganan jika sudah menyebabkan rasa tidak nyaman atau mengganggu penampilan. Ada beberapa metode penanganan yang dapat dilakukan oleh dokter, yaitu:

  • Penyayatan dan pengeringan. Dokter akan membuat sayatan kecil pada kista dan menekan dengan perlahan untuk mengeluarkan isinya.
  • Injeksi obat. Kista akan disuntik dengan obat yang dapat mengurangi pembengkakan dan peradangan.
  • Laser. Dokter akan menggunakan laser karbon dioksida untuk menguapkan kista. Prosedur ini dapat meminimalisasi luka.
  • Bedah kecil, untuk mengangkat seluruh kista.

2.Kista Sebaceaous

kista sebaceous ini seperti kantong, dan terdapat di permukaan kulit. Mungkin Anda pernah mempunyai benjolan kecil atau besar pada bagian tubuh manapun yang menyerupai jerawat. Benjolan tersebut sangat mungkin adalah kista kulit, pada kebanyakan penderita tidak menimbulkan risiko kesehatan yang amat serius.

Penyebab :

Menurut ahli dermatologis, infeksi kulit dengan kondisi peradangan akut dapat menjadi penyebab timbulnya kista kulit ini. Faktor keturunan juga menjadi penyebab paling umum.

Kista kulit ini sering ditemukan pada bagian tubuh bagian atas seperti, telinga, kulit kepala, lengan atas dan punggung. Ukuran kista ini bisa mencapai 5 mm sampai 4 cm, namun ukuranya juga dapat bervariasi tegantung intensitas peradanganya.

Pengobatan :

Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah agar kiranya dapat meringankan kista sebaceaouse, diantaranya :

  • Minyak Pohon Teh. Minyak yang terbuat dari pohon teh merupakan pengobatan antibakteri dan antiinflamasi yang bagus. Minyak ini dapat membunuh bakteri penyebab infeksi. Namun, ketahui bahwa hanya sedikit ilmu pengetahuan yang mendukung hubungan antara minyak pohon teh dan kista.
  • Minyak Jarak. Minyak jarak mengandung ricin, bahan kimia yang sangat efektif melawan bakteri. Rendam sepotong kain dalam minyak jarak dan letakkan pada kista. Letakkan kompres panas di atas kain yang sudah dibasahi dengan minyak jarak, dan pegangi selama 30 menit. Panas akan membantu minyak meresap ke dalam kulit dengan lebih mudah. Ricin akan membunuh bakteri penyebab infeksi. 
  • Lidah Buaya. Memiliki kandungan senyawa fenol yang mempunyai sifat antibiotik. Oleskan gel lidah buaya secara langsung pada lesi dan usaplah dengan lembut sampai terserap ke dalam kulit. Lakukan ini setiap hari, sampai infeksinya sembuh.
  • Obat Antibiotik. Antibiotik yang efektif melawan infeksi akan diresepkan sesegera mungkin oleh dokter Anda. Pastikan Anda menghabiskan obat tersebut sehingga infeksi tidak melemah dan terulang lagi. Kista Anda akan mulai menghilang paling cepat dalam waktu seminggu.

3.Kista Ganglion

Kista ganglion adalah sebuah benjolan atau tumor di bagian atas persendian atau tendon (jaringan penghubung otot dan tulang). Benjolan ganglion kista ini tampak seperti kantung yang berisi cairan berwarna bening dengan tekstur kental dan lengket seperti jeli, yang disebut juga dengan cairan sinovial.

Penyebab :

Kista ganglion dapat muncul akibat adanya kerusakan pada pelindung tendon, sehingga jaringan di tendon menonjol ke luar. Juga ada faktor yang dapat menyebabkan munculnya kista ganglion yaitu berjenis kelamin wanita, berusia antara 20 sampai 40 tahun, memiliki riwayat cedera sendi dan tendon, mengidap penyakit osteoarthritis di bagian sendi-sendi tangan yang berdekatan dengan kuku jari.

Pengobatan :

Ada berbagai cara medis maupun alami untuk mengatasi kista ganglion untuk kiranya dapat sedikit mengurangi gejala atau penghambatan kista tersebut.

  • Mengurangi ketidaknyamanan dengan kompres hangat. Penggunaan kompres hangat secara teratur, cara ini akan meningkatkan sirkulasi darah ke daerah yang terkena dan meningkatkan aliran cairan. Kompres hangat juga akan mengurangi nyeri dan pembengkakan. Namun, kompres hangat tidak akan mencegah pertumbuhan kista.
  • Kantong Teh Hitam. Sifat asam teh hitam membantu menyembuhkan kista ganglion dan mencegah agar tidak semakin buruk. Sifat anti-inflamasi teh juga memberikan keringanan dari nyeri dan pembengkakan.
  • Minyak Kemenyan. Zat efektif yang dapat membantu mengurangi ukuran kista ganglion dan mencegahnya agar tidak kambuh. Minyak kemenyan juga dapat mengurangi nyeri.
  • Jahe. Sifat anti-inflamasi jahe membantu meringankan nyeri dan ketidaknyamanan. Sebuah studi tahun 2011 yang diterbitkan dalam Jurnal Fitoterapia menunjukkan bahwa jahe merupakan agen anti-inflamasi yang memblokir aktivitas Cox-2, yang kemungkinan menyebabkan nyeri.

4.Kista Baker

Kista baker adalah kista berisi cairan yang berkembang di lutut, menyebabkan benjolan yang terasa nyeri. Rasa nyerinya dapat memburuk ketika lutut dipakai bergerak.

Kista baker juga disebut kista popliteal, biasanya merupakan akibat dari masalah pada sendi lutut, seperti arthritis atau robeknya tulang rawan. Kedua kondisi ini dapat menyebabkan lutut menghasilkan terlalu banyak cairan, sehingga muncul kista baker. Menangani akar penyebabnya biasanya akan meredakan rasa sakit.

Penyebab :

Perlu diketahui dulu sebelumnya, bahwa ada cairan pelumas yang disebut cairan synovial yang fungsinya membantu kaki mengayun dengan mulus dan mengurangi gesekan di antara bagian kaki yang bergerak.

Namun kadang lutut menghasilkan terlalu banyak cairan synovial, menyebabkan penumpukan pada area di belakang lutut (popliteal bursa), menyebabkan kista Baker. Hal ini dapat terjadi karena peradangan sendi lutut, seperti yang terjadi pada berbagai jenis arthritis, cedera lutut, seperti robeknya tulang rawan.

Pengobatan :

Kadang kista Baker akan menghilang dengan sendirinya. Namun, apabila kista berukuran besar dan menyebabkan rasa sakit, dokter dapat merekomendasikan perawatan berikut:

Obat-obatan. Dokter dapat menyuntikkan obat kortikosteroid, seperti kortison, pada lutut untuk mengurangi inflamasi. Hal ini dapat meredakan rasa sakit, namun tidak selalu mencegah kembalinya kista.

Drainase cairan. Dokter dapat mengeluarkan cairan dari sendi lutut dengan menggunakan jarum. Hal ini disebut aspirasi jarum dan seringkali dilakukan dengan panduan ultrasonik.

Terapi fisik. Kompres dingin dan kruk dapat membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan. Pergerakan yang perlahan dan latihan penguatan otot di sekitar lutut juga dapat membantu mengurangi gejala dan menjaga fungsi lutut.

5.Kista Ovarium

Kista ovarium adalah kantong berisi cairan yang terbentuk di dalam ovarium. Tiap wanita memiliki dua indung telur (ovarium), satu di bagian kanan dan satu lagi di kiri rahim. Ovarium yang berukuran sebesar biji kenari ini merupakan bagian dari sistem reproduksi wanita.

Organ ini berfungsi untuk menghasilkan sel telur tiap bulan (mulai dari masa pubertas hingga menopause) serta memproduksi hormon estrogen dan progesteron. Fungsi ovarium terkadang dapat mengalami gangguan dan kista termasuk jenis gangguan yang sering terjadi.

Penyebab :

Ada banyak faktor atau masalah yang menjadi Penyebab kista ovarium yang tersering seperti masalah hormonal, Endometriosis. Wanita dengan endometriosis dapat mengembangkan jenis kista ovarium yang disebut endometrioma, Infeksi panggul yang parah.

Pengobatan :

Jika penyakit kista tidak hilang sendiri atau terus tumbuh semakin besar, dokter dapat merekomendasikan pengobatan untuk mengecilkan atau menghilangkan kista ovarium, seperti :

  • Pil KB. Jika kista ovarium timbul berulang, mungkin dokter akan meresepkan kontrasepsi oral atau pil KB untuk menghentikan ovulasi dan mencegah perkembangan kista baru. Kontrasepsi oral juga dapat mengurangi risiko kanker ovarium.
  • Laparoskopi. Jika kista berukuran kecil dan setelah pemeriksaan ditemukan adanya kanker, maka dokter bisa melakukan laparoskopi atau operasi pengangkatan kista. Prosedur ini dilakukan dengan membuat sayatan kecil di dekat pusar dan kemudian memasukkan alat kecil ke perut untuk mengangkat kista.
  • Laparotomi. Jika kista berukuran besar, dokter dapat mengangkat kista melalui sayatan yang besar pada perut. Dokter akan melakukan biopsi langsung, dan jika ternyata kista tersebut adalah kanker, maka dokter mungkin saja melakukan histerektomi untuk mengangkat ovarium beserta rahim.

6.Kista Payudara

Kista payudara adalah benjolan berbentuk bulat atau lonjong yang berisi cairan dan tumbuh pada jaringan payudara. Kista ini tidak mengandung sel kanker, atau dengan kata lain kista ini bersifat jinak. Jika diraba, kista terasa lembek seperti balon berisi air atau terkadang bisa juga terasa seperti benda padat.

Penyebab :

Penyebab pasti kista payudara belum dapat diketahui, namun diduga berkaitan dengan tingginya kadar hormon estrogen dalam tubuh. Kondisi tersebut memicu perubahan jaringan payudara sehingga membentuk kista. Selain itu, munculnya kista dalam jaringan payudara juga berkaitan dengan adanya perubahan hormon pada wanita, terutama dalam siklus menstruasi tiap bulannya.

Pengobatan :

Kista payudara umumnya tidak menimbulkan gejala dan tidak membutuhkan pengobatan dari dokter. Namun, untuk meringankan rasa nyeri akibat kista payudara, beberapa hal berikut dapat dilakukan, di antaranya:

  • Kompres dengan air hangat atau dingin. Hal ini bisa membantu saat kista terasa nyeri.
  • Menerapkan pola makan yang sehat, misalnya dengan cara mengurangi konsumsi makanan yang mengandung banyak garam untuk mencegah terjadinya penumpukan cairan dalam tubuh. Cara lainnya adalah dengan menghindari kafein. Gejala pada beberapa penderita kista dapat berkurang saat mereka tidak mengonsumsi kafein, baik yang terkandung dalam minuman ataupun makanan.
  • Gunakan penyangga atau bra yang dapat menopang payudara dengan nyaman.
  • Mengonsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas, misalnya paracetamol, ibuprofen, atau naproxen.

7.Kista Bartholin

Bartholin adalah kelenjar yang terletak pada kedua sisi bibir vagina pada alat kelamin perempuan. Kelenjar Bartholin mengeluarkan cairan yang berperan sebagai pelumas saat berhubungan seksual. Kelenjar ini kecil sehingga tidak mudah terdeteksi oleh tangan maupun mata.

Kista Bartholin terbentuk ketika terjadi penyumbatan pada saluran kelenjar Bartholin. Kista bisa berukuran kecil dan tidak menimbulkan rasa sakit, namun bisa juga sebaliknya.

Penyebab :

Penyumbatan kelenjar Bartholin disebabkan oleh beberapa faktor, seperti infeksi bakteri, iritasi jangka panjang, atau peradangan. Infeksi kista Bartholin dapat disebabkan oleh bakteri penyebab infeksi menular seksual (IMS), yaitu bakteri Neisseria gonorrhoeae yang menyebabkan penyakit gonore atau kencing nanah, dan bakteri Chlamydia trachomatis yang menyebabkan penyakit Chlamydia. Bakteri lainnya adalah Escherichia coli atau E. coli yang sering menjadi penyebab diare dan keracunan makanan.

Pengobatan :

Kista Bartholin ditangani dengan cara yang berbeda-beda. Kista kecil yang tidak terinfeksi dapat dirawat di rumah dan tidak memerlukan prosedur serta obat-obatan spesifik. kista membutuhkan penanganan lebih lanjut bila ukurannya besar, membuat penderita tidak nyaman, atau terjadi infeksi.

  • Duduk berendam di air hangat. Duduk berendam di dalam air hangat setinggi panggul dapat menjadi pilihan pada kasus kista terinfeksi yang berukuran kecil. Lakukan beberapa kali sehari selama empat hari hingga kista pecah dan cairan keluar. Handuk hangat juga bisa digunakan untuk mengompres area di mana kista terletak.
  • Obat pereda nyeri. Paracetamol dan ibuprofen dapat dikonsumsi sebagai pereda rasa sakit. Selalu perhatikan keterangan serta dosis penggunaan saat mengonsumsi obat-obatan bebas. Hubungi dokter atau kunjungi fasilitas kesehatan terdekat jika benjolan bertambah besar dan sakit.
  • Obat antibiotik. Penggunaan antibiotik berfungsi menghilangkan infeksi penyebab timbulnya abses pada kista yang terinfeksi, juga pada kasus di mana penderita mengalami infeksi menular seksual.

8.Kista Serviks

Penyakit Kista Serviks merupakan penyakit yang dialami oleh rahim. Kista merupakan adanya sebuah benjolan pada rahim yang juga termasuk dalam kategori tumor. Penyakit kista rahim memiliki dua jenis, jenis yang jinak dan ganas. Kista rahim yang berukuran kecil bisa membesar dan berpotensi menjadi kista rahim yang ganas.

Penyebab :

Berikut ini adalah beberapa faktor penyebab terjadinya penyakit kista serviks adalah konsumsi makanan yang tinggi lemak dan kurang serat, zat tambahan pada makanan, akibat dari kurang olahraga, sering merokok dan konsumsi alkohol, akibat dari terpapar dengan polusi dan agen infeksius, sering merasakan stres, adanya faktor genetic.

Pengobatan :

Dengan bahan alami yaitu daun sirsak. Daun sirsak memang menjadi salah satu dedaunan yang sangat terkenal di Indonesia. Hal ini bisa terjadi karena adanya penelitian yang mampu membuktikan bahwa daun sirsak ini dapat mengobati penyakit berbahaya sekaligus mematikan seperti penyakit kanker sekalipun.

Dari penelitian yang sudah dilakukan membuktikan bahwa daun sirsak memiliki berjuta manfaat yang dapat kita gunakan sebagai alternatif pengobatan. Kandungan yang ada dalam daun sirsak ini memiliki 10.000 kali lipat yang mampu menyembuhkan penyakit kanker yang lebiih aman dibandingkan dengan proses kemoterapi.

9.Kista Ginjal / Solitari

Kista ginjal adalah kantung bulat berisi cairan yang terbentuk di dalam ginjal atau pada ginjal. Ginjal sendiri merupakan dua organ berbentuk kacang dengan fungsi utama menyaring limbah dari darah dan membuat urin. Ada empat jenis kista ginjal dan jenis yang paling umum disebut kista non-kanker atau kista ginjal sederhana. Untungnya, kista ginjal sederhana jarang menyebabkan gagal ginjal atau komplikasi.

Penyebab :

Belum ada penjelasan komplit tentang kista ginjal. Suatu teori menunjukkan bahwa kista ginjal sederhana berkembang ketika lapisan permukaan ginjal melemah dan membentuk kantung. Kantung ini kemudian terisi dengan cairan, terlepas, dan berkembang menjadi kista.

Pengobatan :

Berikut gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda mengatasi kista ginjal sederhana:

  • Cek kesehatan Anda secara berkala pertahun. Banyak kista ginjal sederhana yang terdeteksi saat pemeriksaan medis (medical check up)..
  • Olahraga. Olahraga teratur dapat meningkatkan kesehatan Anda secara umum dan juga kesehatan ginjal Anda.
  • Makan diet seimbang. Cobalah mengurangi makanan berlemak dan bergula. Lemak akan ditransfer ke darah Anda, membuat ginjal Anda bekerja lebih keras untuk menyaring darah.
  • Mengurangi stres. Stres dapat memicu atau memperburuk tanda-tanda dan gejala. Yoga, tai chi, pijat, meditasi, atau senam pernapasan dalam dapat membantu.

Itulah sedikit penjelasan tentang beberapa / macam-macam kista dan gambarnya, serta pengobatannya.

Selain dengan cara pengobatan diatas, kami juga mempunyai produk herbal yang 100% alami yang sangat ampuh atasi berbagai macam kista karena kandungannya yang sangat berperan aktif untuk mengobati kista. Produk herbal yang kami rekomendasikan yaitu Walatra Gamat Emas Kapsul. Silahkan kunjungi jika Anda ingin mengetahui secara detail. Silahkan Klik >>> Walatra Gamat Emas kapsul

Baca Juga :

Cara Mengolah Kayu Manis Untuk Pengobatan Diabetes

Obat Radang Sendi Lutut

Perbedaan Maag dan GERD

Obat Kutu Air

| http://www.nitaherbal.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *