Nita Herbal

Ketumbar, Ciri Ciri, Kandungan, Khasiat dan Manfaat Untuk Kesehatan

Ketumbar, Ciri Ciri, Kandungan, Khasiat dan Manfaat Untuk Kesehatan – Selamat datang di website kami. Salah satu website yang memberikan sedikit pengetahuan dan solusi untuk atasi masalah kesehatan. Dan pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang ketumbar, rempah-rempah yang kaya akan khasiat dan manfaat untuk kesehatan tubuh.

<>

Ketumbar

Keumbar (coriandrum sativum) merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang banyak digunakan oleh masyarakat luas khususnya di Indonesia. Pada umumnya, yang paling sering digunakan sebagai bumbu/rempah yaitu bagian biji. Biji ketumbar dapat digunakan secara langsung atau diolah terlebih dulu seperti di gerus. Selain bijinya yang kaya akan manfaat, tak lupa juga daunnya yang sering digunakan kebanyakan masyarakat untuk olahan / ramuan tradisional untuk masalah kesehatan.

Ketumbar, Ciri Ciri, Kandungan, Khasiat dan Manfaat Untuk Kesehatan

Ciri Ciri Tanaman Ketumbar

  • Memiliki batang tak berkayu, beralur, dan penampang berlubang, percabangan dikotom, batang berbau wangi jika terkelupas.
  • Memiliki daun hijau dengan tepian bergerigi, daun majemuk, menyirip, berbentuk payung bersusun dan tepi daun berwarna putih serta merah muda.
  • Bunga majemuk berbentuk payung, tangkai bunga berukuran 2-10 cm, daun berbalut kecil, mahkota bunga berwarna merah muda atau merah pucat, panjang bunga 3-4 mm.
  • Buah dan biji, berbentuk bulat dan hijau, dan jika sudah tua berwarna coklat muda, ukuran 4-5 mm, jika sudah matang buahnya mudah dirontokkan.

Kandungan Ketumbar

Nama Ketumbar
Nama Lain / Alternatif  –
Banyaknya Ketumbar yang diteliti (Food Weight) 100 gr
Bagian Ketumbar yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) 100%
Jumlah Kandungan Energi Ketumbar 404 kkal
Jumlah Kandungan Protein Ketumbar 14,1 gr
Jumlah Kandungan Lemak Ketumbar 16,1 gr
Jumlah Kandungan Karbohidrat Ketumbar 54,2 gr
Jumlah Kandungan Kalsium Ketumbar 630 mg
Jumlah Kandungan Fosfor Ketumbar 370 mg
Jumlah Kandungan Zat Besi Ketumbar 18 mg
Jumlah Kandungan Vitamin A Ketumbar 1570 IU
Jumlah Kandungan Vitamin B1 Ketumbar 0,2 mg
Jumlah Kandungan Vitamin C Ketumbar 0,2 mg

Khasiat dan Manfaat Ketumbar Untuk Kesehatan

Tanaman hingga biji ketumbar sangat banyak sekail manfaatnya untuk kesehatan tubuh, seperti yang akan kami jelaskan dibawah ini. Beberapa khasiat dan manfaat dari ketumbar untuk berbagai masalah kesehatan tubuh diantaranya :

  • Meredakan Nyeri Haid

Berdasar informasi yang kami sadur dari Organictfact juga diungkap adanya kemampuan ketumbar untuk membantu melancarkan haidh dan mengatasi serta mencegah nyeri haid. Ketumbar akan menstimulasi sistem endokrin serta membantu mengatur sirkulasi darah saat haid. Kondisi menstruasi yang rutin dengan kondisi hormonal yang stabil akan membantu mengatasi nyeri sendi dalam jangka panjang.

  • Anti-Bakteri

Kandungan anti bakteri alami dalam ketumbar baik itu dalam biji dan daunnya sudah terbukti secara medis. Salah satu yang cukup banyak diakui adalah kemampuannya dalam mengatasi serangan bakteri salmonella. Anda bisa menemukan ulasan lengkap mengenai kemampuan anti bakteri ketumbar terhadap bakteri salmonella dalam The Journal of Agricultural and Food Chemistry tahun 2004 pada ulasan berjudul Antibacterial Activity of Coriander Volatile Compounds against Salmonella choleraesuis.

  • Anti-Alergi

Dalam ulasan Organictfact diungkap bahwa minyak yang dibuat dari biji ketumbar efektif membantu meredakan gejala gatal dan iritasi kulit akibat alergi. Khasiat hangatnya membantu mengatasi bentuk bentolan gatal. Anda bisa pula mengasupnya untuk terapi jangka panjang dalam membantu memulihkan gejala autoimun ringan seperti alergi.

  • Mengatasi Anemia

Kandungan zat besi dalam ketumbar relatif tinggi. Dilengkapi dengan kandungan asam folat dan vitamin B12 yang tak kalah tinggi, maka ketumbar sangat cocok menjadi pilihan herbal untuk mengatasi anemia. Karena ketiga bahan vitamin dan mineral tersebut memiliki peran sangat besar dalam proses pembentukan hemoglobin dan sel darah merah. Demikian yang dapat Anda temukan dalam jurnal bertajuk Medicinal benefits of coriander (Coriandrum Sativum L) dalam Journal on Complementary Medicine and Drug Discovery pada tahun 2011.

  • Atasi Bengkak, memar, lebam, dll

Cineole, salah satu dari 11 komponen minyak esensial dan asam linoleat yang terdapat dalam ketumbar, memiliki khasiat antirematik dan anti-artriti. Dengan demikian, ketumbar dapat digunakan untuk mengatasi bengkak dan memar akibat rematik, arthritis dan faktor penyebab lainnya. #Baca Juga : Obat Memar

  • Atasi Diare

Komponen borneol dan linalool dalam ketumbar membantu proses pencernaan, meningkatkan fungsi hati, dan membantu proses pengikatan massa fases pada usus. Komponen lain seperti cineol, limonene, alpha-pinene dan beta-phelandrene memiliki aktivitas antibakteri sehingga berkhasiat dalam mengatasi diare yang disebabkan oleh bakteri dan infeksi. #Baca Juga : Cara Mengobati Diare Infeksius Akut Secara Alami

  • Turunkan Kolesterol

Ketumbar mengandung sejumlah senyawa asam, yaitu asam linoleat, asam oleat, asam palmitat, asam stearat, dan asam askorbat. Senyawa tersebut diketahui sangat efektif dalam menurunkan kadar kolesterol di dalam darah dan dapat mampu mengurangi deposit kolesterol dalam dinding pembuluh darah arteri dan vena.

  • Menurunkan Kada Gula Darah / Diabetes

Didalam ketumbar terdapat zat yang disebut cumin, dimana stimulasi dari zat cumin akan meningkatkan seksresi insulin dari dalam pankreas. Proses ini akan merubah gula menjadi glikogen yang akan dimanfaatkan oleh tubuh, hal ini akan memberikan efek positif terhadap penurunan kadar gula darah agar kembali normal. #Baca Juga : Cara Mengolah Kayu Manis Untuk Pengobatan Diabetes

  • Melancarkan Pencernaan

Kandungan senyawa fitokimia khusus dalam biji ketumbar cukup beragam. Beberapa di antaranya, seperti minyak essensial borneol dan linalool ternyata bekerja baik terhadap fungsi pencernaan.

  • Masalah Kulit

Ketumbar juga dapat mengobati gangguan berbagai masalah kulit yang timbul seperti pada penyakit eksim, kulit kering dan infeksi kulit yang diakibatkan oleh jamur. #Baca Juga : Obat Jamur Kuku

  • Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A, C, dan fosfor serta minyak esensial yang dapat membantu meningkatkan kesehatan pada mata, menurunkan kelelahan pada mata, mencegah degenerasi makula mata dan juga adanya anti infeksi pada saat sedang terjadi konjungtivitis atau peradangan selaput lendir pada mata. #Baca Juga : Cara Mengurangi Mata Minus dan Silinder Secara Alami


Demikianlah pengenalan tentang tanaman herbal tradisional ketumbar yang meliputi ciri-ciri, kandungan, khasiat dan manfaat untuk kesehatan. Terimakasih dan semoga bermanfaat untuk Anda

Posted By : QnC Jelly Gamat Asli Tasikmalaya Jawa barat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *