Kenapa Hidrosefalus Menyerang Orang Dewasa

By | October 12, 2018

Hidrosefalus atau pembesaran kepala sangat identik dengan Bayi dan Anak-anak. Namun tidak hanya Bayi dan Anak-anak saja yang dapat terserang, orang Dewasa juga dapat terserang loh. Kok bisa, terus kenapa hidrosefalus menyerang orang Dewasa.?? Cari tahu jawabannya dibawah ini…

Hidrosefalus merupakan suatu kondisi ketika cairan di otak menumpuk di ruang tengkorak sehingga menyebabkan pembengkakan di otak. Cairan tersebut akan terus bertambah sehingga ukuran kepala melebihi ukuran normal dan akan menekan struktur serta jaringan otak di sekitarnya.

“Normalnya, cairan dalam otak diproduksi setiap hari antara 250 cc – 300 cc, yang disertai juga proses absorpsi (penyerapan kelebihan cairan). Pada kasus hidrosefalus, cairan yang diproduksi umumnya lebih banyak yakni 500 cc dan tidak bisa diserap lagi karena terhambat. Hambatan seperti toksoplasma, tumor maupun infeksi TBC yang menjadi penyebab timbulnya hidrosefalus, Dr Yuda Turana SpS, Neurologist dari RS Pantai Indah Kapuk, Jakarta.” <>

Sebenarnya penyakit hidrosefalus tidak hanya menyerang Bayi dan Anak-anak, tapi juga dapat menyerang semua usia. Penyakit hidrosefalus yang menyerang orang dewasa dinamakan Acquired, dimana kondisi ini diderita oleh orang Dewasa. Penderita hidrosefalus pada orang dewasa biasanya jarang menyebabkan ukuran kepala menjadi besar, melainkan sering merasakan tekanan di kepala yang menyebabkan timbulnya nyeri kepala, mual-mual, muntah dan pandangan mata menjadi kabur.

Ketika penyakit hidrosefalus menyerang orang dewasa, kondisi ini biasanya terjadi akibat adanya hambatan aliran CSF. Namun ada juga dalam beberapa kasus hidrosefalus pada orang dewasa penyebabnya tidak diketahui dengan pasti. Namun menurut beberapa Ahli Kesehatan ada beberapa faktor yang dapat menimbulkan hidrosefalus pada orang Dewasa, seperti ;

  • Pernah mengalami cedera kepala.
  • Pernah melakukan operasi dibagian otak.
  • Adanya pendarahan dari pembuluh darah di otak.
  • Infeksi yang berhubungan dengan otak, seperti meningitis atau radang selaput otak.

Bagaimana Pengobatan Hidrosefalus Untuk Dewasa.??

Hidrosefalus pada Balita, Anak-anak sampai Dewasa dapat berakibat fatal dan bahkan dapat menimbulkan kematian jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat. Berikut ini beberapa pengobatan hidrosefalus untuk Dewasa yang kami rekomendasikan.

Terapi Dengan Obat Antibiotik

Terapi ini biasanya digunakan oleh penderita Hidrosefalus Balita, Anak-anak dan Dewasa, tentunya dengan dosis yang berbeda-beda. Untuk mendapatkan resep yang tepat lebih baik konsultasikan dulu dengan dokter. Selain itu dalam proses penyembuhannya, orang Dewasa biasanya cenderung lambat dibandingkan dengan Balita dan Anak-anak.

Eksternal ventrikel Drainase (EVD)

Pengobatan hidrosefalus dengan menggunakan metode ini dilakukan dengan cara menguras. Caranya sistem ini dimasukan untuk mengurangi tekanan yang ada dalam otak dan membuang cairan yang berlebihan dalam kepala. Namun penggunaan prosedur Eksternal ventrikel Drainase (EVD) ini rawan sekali terkena efek samping, seperti timbulnya komplikasi gegar otak.

Operasi Shunt

Operasi jenis ini merupakan yang paling umum atau banyak digunakan oleh penderita Hidrosefalus pada Balita, Anak-anak dan Dewasa. Penggunaannya dengan menggunakan tabung fleksibel yang telah didesain secara khusus dan diletakkan ke dalam sistem ventrikel untuk mengaliran cairan pada otak yang berlebih ke bagian wilayah tubuh lainnya melalui pipa terowongan di bawah kulit.

Pengobatan Herbal

Umumnya pengobatan dengan menggunakan metode herbal cenderung lebih lambat dalam proses penyembuhannya, namun jarang menimbulkan efek samping walaupun dikonsumsi secara terus menerus. Berbeda dengan pengobatan yang menggunakan obat-obatan kimia, jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang terutama pada Balita dan Anak-anak lebih rawan terkena efek samping.

Itulah sedikit informasi mengenai penyakit Hidrosefalus yang menyerang orang Dewasa. Apabila Anda terkena penyakit ini sebaiknya segera ambil tindakan, karena jika dibiarkan dan tanpa penanganan yang tepat dapat menimbulkan efek samping yang lebih buruk bahkan dapat menyebabkan kematian terutama pada orang Dewasa.

Posted by : nitaherbal.com

Kenapa Hidrosefalus Menyerang Orang Dewasa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.