Nita Herbal

Kapulaga, Ciri Ciri, Kandungan, Khasiat dan Manfaat Bagi Kesehatan

Kapulaga, Ciri Ciri, Kandungan, Khasiat dan Manfaat Bagi Kesehatan

Kapulaga, Ciri Ciri, Kandungan, Khasiat dan Manfaat Bagi Kesehatan – Kapulaga adalah salah satu jenis rempah-rempah yang sangat banyak sekali manfaatnya bagi bumbu dapur ataupun kesehatan tubuh.

<>

Kapulaga, Ciri Ciri, Kandungan, Khasiat dan Manfaat Bagi Kesehatan

Tanaman herbal kapulaga ini termasuk tanaman berbatang basah. Tinggi tanaman ini bisa mencapai 2 – 3 m. Tanaman herbal ini juga dapat ditemukan didataran rendah serta pegunungan. Biasanya tumbuh liar, namun juga dapat dibudidayakan. Kapulaga merupakan jenis buah yang biasa digunakan sebagai rempah (bumbu) untuk beberapa masakan tertentu dan juga dipakai sebagai campuran jamu.

Ciri-Ciri Kapulaga

  • Buah tanaman ini berbentuk ketandan kecil-kecil dan pendek, berbentuk bulat, kadang-kadang berbulu, berwarna kuning kelabu.
  • Dinding buah tipis, sel-sel lapisan dalam berbentuk persegi empat, dalam parenchym, Calcium oksalat, dalam bentuk jarum berbalur, berbulu dan berbau wangi.
  • Biji kapulaga Berlipat-lipat, berbau seperti kapur barus, sel kulit ari dan sel minyaknya agak kecil.

Kandungan Kapulaga

  • Buahnya mengandung minyak atsiri yang terutama mengandung sineol, terpineol, dan borneol. Kadar sineol dalam buah lebih kurang 12%. Di samping itu buah kapulaga banyak mengandung saponin, flavonoida, senyawa-senyawa polifenol, mangan, pati, gula, lemak, protein, dan silikat.
  • Bijinya mengandung 3 – 7% minyak atsiri yang terdiri atas terpineol, terpinil asetat, sineol, alfa borneol, dan beta kamfer. Di samping itu biji juga mengandung minyak lemak, protein, kalsium oksalat, dan asam kersik. Dengan penyulingan dari biji diperoleh minyak atsiri yang disebut Oleum Cardamomi yang digunakan sebagai stimulans dan pemberi aroma.

Khasiat dan Manfaat Kapulaga Bagi Kesehatan

  • Kesehatan Pencernaan dan Perut. Kapulaga kaya akan kandungan serat yang mampu mencegah sembelit. Selain itu, kandungan minyak atsiri pada kapulaga bermanfaat untuk mencegah gas di perut.
  • Sirkulasi Darah. Serat dan kalium yang terkandung dalam kapulaga hampir seimbang. Ada sekitar 28.0g serat atau 112% DV kalsium dan 383mg atau 38% DV, yang dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah. Disamping itu, serat dan potasium juga bekerja untuk menurunkan tekanan darah dan mencegah pembekuan darah.
  • Membantu Mengobati Gastritis. Penyakit maag atau gastritis adalah kelainan fungsional dalam perut ditandai dengan berbagai gejala, seperti mulas atau kram di perut. Gastritis dapat disebabkan oleh faktor saraf, psikosomatis, kebiasaan makan atau sebagai akibat dari gaya hidup yang tidak teratur. Kapulaga mampu memberikan efek dingin pada perut yang bermanfaat untuk meredakan gastritis.
  • Mencegah Osteoporosis. Adanya kandungan kalsium, vitamin D, vitamin C dan mangan pada kapulaga bermanfaat untuk mencegah osteoporosis yang dapat menyebabkan kerusakan tulang.
  • Meredakan Sakit Otot. Kapulaga merupakan analgesik yang dapat meredakan nyeri otot dan kejang. Nyeri otot biasanya terjadi karena terlalu banyak melakukan kegiatan, cedera ketika olahraga atau terlalu banyak bekerja. Nyeri otot dapat dirasakan di bagian manapun karena hampir semua bagian dari tubuh memiliki jaringan otot.
  • Kesehatan Ginjal. Beberapa penelitian dilakukan untuk membuktikan khasiat kapulaga sebagai diuretik yang dapat membantu melindungi ginjal dari berbagai penyakit. Kemampuan diuretik ginjal juga berguna untuk mencegah penyakit nefritis, sistitis, serta penyakit lainnya yang berhubungan dengan saluran kemih.
  • Mencegah Kanker. Kapulaga mengandung IC3 (indole-3-carbinol) dan DIM (diindolylmethane). Kedua phytochemical dapat membantu mencegah kanker yang berhubungan dengan respon hormon seperti kanker payudara, kanker ovarium, dan kanker prostat. Kapulaga juga mengandung antioksidan yang memberikan perlindungan dari efek radikal bebas yang bisa memicu kanker.
  • Mengobati Flu, Batuk, Asma. Kapulaga juga dapat membantu mengatasi flu, batuk,, bronkitis, asma dengan memberikan efek menenangkan dan hangat serta membantu mengencerkan lendir sehingga dapat mengurangi penyumbatan di hidung dan tenggorokan.
  • Mengatasi Bau Mulut. Di India, banyak yang terbiasa mengunyah kapulaga setelah makan atau setiap kali mereka merasa perlu untuk menyegarkan napas. Kapulaga memang merupakan salah satu solusi yang paling efektif untuk mengatasi halitosis (bau mulut). Bahkan kapulaga telah diolah menjadi permen karet yang mampu menghilangkan bau mulut yang paling tidak nyaman sekalipun.
  • Kesehatan Kulit dan Rambut. Vitamin, minyak esensial, dan antioksidan yang terkandung dalam kapulaga dapat mencegah kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Nutrisi ini juga menghambat pembentukan keriput, sehingga Anda akan terlihat awet muda. Disamping itu, vitamin C pada kapulaga sangat efektif untuk menjaga kesehatan kulit Anda. Jerawat dan bintik-bintik hitam dapat dicegah dengan mengkonsumsi kapulaga dikarenakan kapulaga memiliki sifat anti-inflamasi yang menjaga kulit dari alergi. Kapulaga juga mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit kepala yang bermanfaat untuk membuat rambut menjadi kuat, bersih dari ketombe, dan terlihat mengkilap.
  • Mengobati Gatal di Tenggorokan. Kapulaga sangat bermanfaat bagi penderita asma dan batuk rejan. Kapulaga juga mengandung spasmodik yang dapat mencegah kejang. Anda dapat membuat ramuan alami yang digunakan untuk mengobati gatal-gatal di tenggorokan dengan mencampurnya dengan madu alam.
  • Mengobati Perut Kembung, Masuk Angin, dan Mulas. Sifatnya yang menghangatkan seperti Jahe, diketahui berkhasiat untuk mengobati perut kembung dan membantu menghilangkan rasa mulas akibat masuk angin. Anda yang takut pada bau jamu tidak perlu khawatir, karena buah Kapulaga dikenal dengan aroma sedapnya yang khas. #Baca Juga : Cara Mengolah Kapulaga Untuk Mengatasi Masuk Angin
  • Kejantanan Pria. Selain untuk kesehatan tubuh, kapulaga juga bermanfaat untuk membangkitkan gairah seksual atau sebagai obat kuat pria. Hal ini dikarenakan kapulaga memiliki sifat afrodisiak serta mempunyai kemampuan untuk menyembuhkan impotensi dan ejakulasi dini. #Baca Juga : Cara Mengolah Kapulaga Untuk Kejantanan Pria

Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa kapulaga memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat kapulaga untuk kesehatan.

Terimakasih telah mengunjungi artikel kami, semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat untuk Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *