Nita Herbal

Cara Mengawinkan Ikan Cupang Agar Cepat Bertelur

Cara Mengawinkan Ikan Cupang Agar Cepat Bertelur – Selamat datang diwebsite kami. Sebelumnya kami sering menjelaskan tentang pengobatan herbal, kali ini kami akan membahas bagaimana cara mengawinkan ikan cupang agar cepat bertelur. Simak dibawah ini…

<>

Ikan Cupang

Ikan cupang merupakan salah satu ikan hias dari sekian banyak ikan hias yang sangat cantik dan cukup banyak penggemarnya. Bahkan di sebagian negara ikan ini dikategorikan sebagai hewan paling mahal di dunia. Harga ikan bernama latin Betta Channoides ini bisa dibandrol sampai ratusan juta rupiah.

Cara Mengawinkan Ikan Cupang Agar Cepat Bertelur

Habitat spesies ikan ini banyak ditemukan di daerah tropis seperti negara berikut ini: Malaysia, Vietnam, Thailand, Filipina, Brunai, Singapura dan Indonesia. Ciri-ciri ikan cupang hias sangat gampang diketahui, yaitu seperti ekor dan sirip yang lebar, warna cerah serta mudah emosi.

Budidaya Ikan Cupang

Proses budidaya ternyata susah-susah gampang, mulai dari membedakan kelamin ikan cupang, tempat pemijahan, penyatuan jantan-betina dan lain sebagainya. Nah, sebelum kita bahas lebih dalam, berikut adalah cara membedakan ikan cupang jantan dan betina :

Cupang Jantan

  • Bentuk tubuh yang lebih kecil
  • Lebih lincah daripada betina, sering beraktivitas
  • Memiliki sirip dan Ekor yang menyatu identik panjang
  • Warna yang sangat cerah dan cenderung memikat

Cupang Betina

  • Bentuk tubuh yang agak bulat/gemuk
  • Biasanya warna pudar atau tidak cerah
  • Ekor dan sirip yang kecil
  • Ada bintik di bagian bawah dekat perut

 

Tips Perawatan Ikan Cupang

Untuk perawatan, anda juga harus melakukan hal ekstra agar ikan tetap lincah dan agresif. Misalnya adalah membersihkan secara rutin air, akuarium ikan cupang dan lain sebagainya. Perawatan lain adalah penjemuran, ikan cupang sangat senang bila dijemur dibawah terik panas matahari. Namun ingat, jangan lama-lama ya.. ntar ke rebus tuh ikan. Perawatan lainnya adalah pemberian pakan, oksigen dan lain sebagainya.

Adapun Beberapa Jenis Ikan Cupang Diantaranya :

  • Cupang Petarung

Ikan laga istilahnya, jadi ikan ini bisa dilaga begitu loh. Jadi lebih jelasnya ikan jenis ini memiliki daya tarung yang tinggi dan sangat marah apabila ada jenis ikan lain yang memasuki kawasannya.

  • Ikan Cupang Plakat

Ikan bernama plakat ini sebenarnya berasa dari negara seberang nan jauh disana, yaitu thailand. Warna yang unik serta kelincahan yang cukup bagus membuat ikan ini terkenal di indonesia. Harganya juga bervariasi.

  • Jenis Cupang Halfmoon

Dinamakan halfmoon karena bentuk ekor dan sirip hampir menyatu seperti bulan yang muncul setengah. Beberapa orang mengklaim bahwa ikan cupang halfmoon merupakan hasil silang ikan amerika dan thailand. Tapi, siapa yang tahu. Yang jelas, ikan ini sekarang terkenal dan mahal harganya.

  • Cupang Serit

Cupang yang memiliki sirip dan ekor lancip ini juga menjadi primadona bagi pecinta cupang di seluruh dunia. Mengapa tidak? Ikan ini memiliki daya tarik tersendiri loh jika di adu dengan ikan lain. Tarian ikan cupang yang mempesona membuat ikan ini memiliki harga yang cukup mahal.

  • Ikan Cupang Cagak

Istilahnya adalah cupang Double Tail atau ekor yang terpisah. Sebenarnya hampir mirip dengan jenis halfmoon, namun sangat berbeda dari segi warna dan ukuran. Ikan ini juga memiliki keindahan lain jika sudah mulai bermain di air.

  • Cupang Raksasa

Wow, namanya cupang raksasa.. Siapa yang tahu? Ikan ini ternyata ikan paling besar di spesies betta, ternyata ikan cupang ini paling besar di kelasnya. Nama lainnya adalah Betta Giant.

Lantas, bagaimana cara mengawinkan ikan cupang agar cepat bertelur (?)

1. Mencari indukan Yang Siap Kawin

Mencari indukan yg berukuran minimal 3,5-4cm atau sekurangnya berumur 5 bln 1/2, bila sudah dapat pastikan cupang jantan lebih besar dari betina. Kenapa harus lebih besar?lalu di sebengkan selama 2 hari sblm di pindah ke tempat perkimpoian/kawin.

2. Satukan Ikan di Wadah Pemijahan

Nah setelah ikan udah di sebeng 2 hari masukin jantan dan betina ketempat kawin,media kawin bisa pake:

  • bekas ember cat
  • tempayan kecil uk 8โ€ณ
  • streofoam ikan
  • baskom
  • soliter uk 15X15

Disarankan menggunakan soliter, karna mempermudah mengontrol dan cek ikan. Selama proses kawin ikan di kasi makan cukup. jangan lupa kasi air ketapang agar bila bertelur telur tidak di serang jamur. Proses ini bisa memakan waktu 2-4 hari,biasanya bila ikan udah di sebeng/jodohkan 2 hari sudah bertelur.

3. Siapkan Kolam Pembesaran

Sambil nunggu ikan bertelur sebaiknya kita siapkan tempat pendederan/media pembesaran burayak. Ini biasa saya lakukan bila sedang mengawinkan cupang, agar bilamana telur menjadi burayak saya sudah memiliki tempat/media pembesaran yg kaya akan micro organisme sebagai pakan alaminya.

Media bisa menggunakan bak cuci, bekas kulkas, tempayan besar, kolam beton/terpal
media di isi air+extra daun ketapang, tanaman air eceng gondok, kapu2, ganggang dan sedikit kutu air bersama airnya. Bila semuanya sudah siap dan ikan betina sudah bertelur full

4. Tanda Ikan Sudah Bertelur dan Angkat Betinanya

Tanda adanya telur di sarang busa & betina mulai di usir/gebukin jantan, perut betina mulai mengecil, kita angkat betinanya biarkan jantan mengurus telur sampai jadi burayak. Proses ini memakan waktu 2 hari telur mulai bergerak-gerak dan 3 hari biasanya sudah terlihat burayak mulai berenang naik turun.

Di tahap ini sang jantan membantu burayak ke permukaan agar bisa menghirup udara. banyak yg salah sangka burayak di makan jantan dan jantan di angkat lalu burayak mati di dasar.

5. Angkat Indukan Jantan

Setelah 4-7 hari burayak sudah pintar brenang, saat ini kita boleh angkat sang kodok #eh jantan (kagak lucu). dan burayak di pindah ke tempat pembesaran yang kaya akan makanan yang sebelumnya telah kita siapkan.

Dengan cara di sendokin pakai centong sayur perlahan lahan/bisa juga langsung tuang dengan tehnik low speed amat perlahan lahan.

Nah burayak sudah masuk media pembesaran yang kaya pakan dan micro organisme renik. tinggal kita kontrol pertumbuhannya, kasi makan kutir 2 hari sekali, cek air bila bau sedot pakai selang tambah air baru.

| diambil dari www.bettahunter.com

Sekian yang dapat kami sampaikan, semoga menjadi informasi yang bermanfaat untuk Anda ๐Ÿ™‚

Baca Juga :

| http://www.nitaherbal.com/

One comment

  1. Mohon informasinya min …
    Cara efektif untuk melihat cupang sudah mendekati masa kawin seperti apa?
    Mohon ulasannya …
    Terimakasih salam kenal …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *