5 Pantangan Makanan Bagi Penderita Usus Buntu

By | August 2, 2018

5 Pantangan Makanan Bagi Penderita Usus Buntu. Ketika Anda sedang menjalani proses penyembuhan usus buntu, ada baiknya Anda juga perlu memperhatikan asupan makanan guna mempengaruhi proses penyembuhan supaya mendapatkan hasil yang maksimal. Karena selain pengobatan, makanan juga sangat berpengaruh terhadap proses penyembuhan penyakit salah satunya usus buntu. Dan kali ini kami telah merangkum beberapa pantangan makanan bagi penderita usus buntu, yang bisa di jadikan acuan untuk Anda untuk tidak memakan atau menghindari makanan tersebut agar tidak memperparah penyakit tersebut. Berikut ulasannya.. 

<>

Di bawah ini ada beberapa jenis pantangan makanan untuk penderita usus buntu yang harus dihindari. Dan memang pada era modern seperti sekarang ini sangat sulit sekali untuk menghindari makanan di bawah ini, apalagi jika makanan tersebut ada yang menjadi makanan favorit Anda. Namun apabila Anda telah di vonis menderita usus buntu, mau tidak mau Anda harus menjauhi makanan-makanan yang berbahaya ini.

5 Pantangan Makanan Bagi Penderita Usus Buntu

1. Makanan Pedas

Makanan pedas seperti sambal, saus, gorengan pedas, cabe, atau keripik pedas sebaiknya dihindari. Karena makanan-makanan tersebut akan menimbulkan rasa panas pada perut bagian dalam. Dan akan memperburuk pada peradangan usus yang Anda derita.

2. Makanan Yang Terlalu Dingin

Makanan atau minuman yang dingin seperti es, juga sebaiknya dihindari saat menderita usus buntu maupun setelah melakukan operasi. Makanan yang dingin akan memberikan efek kaget pada usus. Suhu didalam perut perlu dijaga keseimbangannya untuk emnghindari komplikasi yang berbahaya.

3. Yang Mengandung Kafein

Kandungan kafein akan membuat organ dalam tubuh bekerja lebih keras. Hal ini juga akan membangkitkan kelenjar limfoid yang tersimpan di usus buntu. Padahal, usus buntu sedang mengalami peradangan. Maka sebaiknya hindari minuman berkafein seperti kopi, permen kopi atau jenis minuman berkafein lainnya.

4. Buah Nanas dan Semangka

Selama menjalani perawatan radang usus buntu, sebaiknya menghindari buah nanas dan semangka. Ini karena buah-buahan ini memiliki kandungan serat yang sangat tinggi sehingga mampu lebih cepat melancarkan laju sisa makanan sehingga dikhawatirkan akan mendesak usus besar yang sedang terkena radang. Buah-buahan ini memang baik untuk mencegah usus buntu, tetapi tidak baik saat dalam masa proses penyembuhan.

5. Mengandung Minyak

Makanan berminyak akan membuat timbunan sisa makanan semakin banyak dan membuat perut Anda semakin bengkak. Oleh karenanya, hindari makanan berminyak dan mengandung margarin lainnya. Jangan sekali pun makan makanan yang di goreng atau roti isi.

Jadi itulah beberapa pantangan makanan bagi penderita usus buntu yang perlu diperhatikan. Dan selain itu, ada juga anjuran makanan yang baik di konsumsi oleh penderita usus buntu. Diantaranya ;

Anjuran Makanan Penderita Usus Buntu

  • Sayuran dan buah-buahan yang tidak menimbulkan gas.
  • Makanan yang mengandung sumber karbohidrat arang seperti nasi, havermout, roti putih, umbi-umbian.
  • Makanan yang mengandung sumber protein antara lain telur, ikan, daging, ayam, tempe, tahu, kacang hijau,
  • Makanan yang mengandung hidrat arang tinggi dan mudah dicerna seperti gula-gula, sari buah, selai, sirup, manisan, dan madu.
  • Mengonsumsi Yakult dan Yoghurt
  • Konsumsi makanan yang mengandung air
  • Konsumsi makanan yang memiliki serat rendah
  • Konsumsi makanan yang mengandung banyak kolagen

Nah, itulah sedikit informasi tentang beberapa makanan yang harus dihindari dan yang aman di konsumsi bagi penderita usus buntu. Terimakasih telah berkunjung, semoga bisa membantu dan bermanfaat untuk Anda.

Artikel Terkait ;

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.